Traveler Pasir Pulau

Derawan

Tahun 2016 mungkin akan menjadi tahun bersejarah bagi ambisi petualangan pulau dan pasir pantai dalam hidup saya. Tahun ini, syukur tiada henti di dalam hati, sebab beberapa keinginan untuk menikmati wisata bahari Indonesia satu persatu mewujud nyata. Lima tahun terakhir saya terus bertualang mencari dan memenuhi ambisi itu. Ambisi petualangan itu mulai tumbuh sejak tahun 2011, tahun itu menjadi titik awal saya ingin mengenal lebih dekat wisata bahari Indonesia.

tanjung tinggi

Tahun 2011 saya berhasil menyaksikan sendiri keindahan Pantai Tanjung Tinggi di Pulau Belitung. Siapa yang tidak kenal dengan pantai yang diperkenalkan oleh Andrea Hirata dalam novelnya yang fenomenal, Laskar Pelangi yang kemudian difilmkan di lokasi yang sama dalam novel. Pantai ini, selain pasir putihnya yang menawan, pantai ini juga populer dengan batu-batu besar yang menjadi keunikan tersendiri untuk menarik wisatawan. Tahun 2011 itu, saya tidak hanya ke Belitung, melalui kegiatan Sail Belitong yang menggunakan KRI 590 Makassar, saya diperkenankan melihat keindahan wisata bahari Indonesia bagian barat, mulai dari Kepulauan Natuna, Batam, Dumai, dan Pulau Bangka. Saat itu, kami berlayar selama hampir sebulan lamanya. Dan pengalaman berlayar bersama TNI AL itu berhasil menyadarkan saya betapa luar biasanya potensi bahari negeri ini.

image

Tahun 2013, untuk ketiga kalinya saya kembali ke pantai  Tanjung Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan. Tahun 2013 itu saya kembali dengan membawa perasaan dan sensasi berbeda dari kedatangan saya sebelumnya. Pantai ini adalah pantai dengan pasir putih terhalus yang pernah saya temui. Pemandangan sekitar pantai pun tak kalah eksotisnya, termasuk air laut yang nampak biru kehijau-hijauan. Saya menduga, siapapun yang pernah ke pantai ini, mungkin akan datang lagi untuk kedua, ketiga dan kesekian kalinya.

MG_2913

Akhir tahun 2013, untuk kali pertama saya nekat melakukan perjalanan roda dua dari Pulau Jawa hingga ke Pulau Sumbawa selama 9 hari. Pada saat itu, total saya mendatangi lima pulau. Saya mulai dari Kediri, Jawa Timur lalu berleha-leha di Pulau Bali sambil menikmati keindahan pantai-pantai yang membuat saya penasaran dengan apa yang membuat sedemikian terpikatnya para turis dari luar negeri seluruh dunia nekat-nekatan datang ke Pulau Dewata ini. Di situ saya paham, bahwa pantai-pantai di Bali memang menawarkan pemandangan bertaraf dunia. Pasirnya yang putih, ombaknya yang tepat menjadi arena selancar, sunset-nya yang begitu indah, dan kearifan lokal yang memang layak dikunjungi untuk menambah khasanah pengetahuan kebudayaan Indonesia. Semua terangkum di Pulau Bali. Dan jangan pernah mengaku penikmat pantai kalau belum pernah ke Pulau Bali, mungkin begitu kesimpulan saya pada keindahan pantai di Pulau Bali.

pantai pink lombok

Setelah bersenang-senang dengan pantai Bali, saya melanjutkan ke Pulau Lombok. Tebak kemana saya menuju? Pastilah ke Pantai Pink. Siapa yang tidak terpikat dengan pemberitaan media sosial sebegitu gemparnya memamerkan pantai yang begitu berbeda dengan pantai lainnya. Dan memang begitulah adanya, pantai ini luar biasa indahnya. Saat itu akses menuju kesana terbilang sulit, sehingga bayarannya memang pantas dengan keindahan yang saya dapatkan.

IMG_3051

Setelah Pantai Pink, ada Pantai Senggigi masih di Pulau Lombok. Tidak jauh dari pusat kota Mataram. Panorama senja di sini tidak mungkin bisa dilupakan. Sungguh pengalaman batin yang mengesankan. Pantai ini tidak sepenuhnya pantai yang ditutupi pasir putih, melainkan sebagian ditutupi bebatuan yang tersusun rapi oleh kehendak Sang Pencipta.

Gili Trawangan

Kemudian menjadi rangkaian perjalanan saya di akhir tahun itu adalah mengunjungi Pulau Gili Trawangan. Di pulau ini, seakan-akan kita tidak sedang di Indonesia. Saking indah dan ramainya oleh wisatawan mancanegara. Pantai di pulau ini juga begitu indah dengan pasir putih di seluruh tepian pulau. Pulau Gili Trawangan adalah pulau terakhir dari rute panjang perjalanan saya di akhir tahun 2013. Dimulai dari Pulau Jawa, ke Pulau Bali, lalu ke Pulau Lombok, terus ke Pulau Sumbawa, dan kembali lagi ke Pulau Lombok dan menyeberang ke Pulau Gili Trawangan dan akhirnya kembali lagi ke Surabaya.

patok nol sebatik

Dan tahun 2016 ini, saya kembali menuntaskan satu ambisi pasir pantai terindah di Indonesia yakni di Pulau Derawan. Sebelum ke Pulau Derawan, bulan januari lalu saya juga sempat ke Pulau Sebatik, pulau kecil di Kalimantan Utara. Pulau kecil yang dimiliki oleh dua negara, yaitu separuh pulau pada bagian selatan adalah milik Indonesia dan separuh pulau di bagian utara dimiliki oleh Malaysia.

derwan

Lalu pada bulan maret lalu, bermodalkan kenekatan dan berhasil mengajak beberapa kawan untuk berbagi biaya perjalanan. Akhirnya saya sampai dengan selamat di Pulau Derawan, Kalimantan Timur. Ternyata di Pulau Derawan, saya tidak hanya mendapatkan keindahan pasir putih namun ada begitu banyak sensasi yang mungkin tidak akan terlupakan sepanjang hidup saya. Di Pulau Derawan-lah untuk pertama kalinya saya berenang bersama dengan penyu liar yang tidak dalam wilayah penangkaran. Lalu snorkeling untuk menyaksikan pemandangan bawah laut dengan karang dan ikan-ikan yang sangat mempesona.

drawanDan pengalaman yang tiada tandingannya adalah pengalaman berenang dan “bermain” bersama ikan hiu-paus di laut lepas. Hiu dengan panjang lebih dari empat meter begitu bersahabat meskipun di alam bebas. Berenang bersama hiu-paus itu mengajarkan saya untuk senantiasa mengendalikan rasa panik dan juga tentang bagaimana melawan rasa takut yang terpelihara di dalam diri saya.

DCIM100MEDIA

Penaklukan Pulau Derawan di tahun ini bukanlah akhir dari petualangan saya mengunjungi dan mengenali tempat-tempat terbaik di negeri ini. Raja Ampat di Papua, Pantai Ora di Maluku, Pantai Nihiwatu di Sumba dan tak kalah penasarannya saya dengan Pulau Weh di Sabang, Provinsi Aceh, pulau di titik terbarat Indonesia yang terkenal dengan Tugu Nol Kilometer.

Namun, sebelum ke Sabang tentu saya musti mengunjungi Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh, masjid dengan menara setinggi 35 meter dan 7 kubah, yang arsitektur bangunannya menjadikan masjid ini menginspirasi banyak masjid di Indonesia hingga ke Semenanjung Malaysia.

divin sabang

Lalu mengapa Pulau Weh di Sabang masuk dalam ambisi penaklukan pulau saya, tidak lain karena Sabang sendiri adalah kata kunci untuk sektor pariwisata di Aceh. Terutama sektor wisata bahari. Lalu apa yang bisa dinikmati di Sabang? ada banyak sekali pesona bahari di Sabang, mulai dari kegiatan wisata yacht, dive, snorkeling, dan masih banyak lainnya. Sehingga layaklah disebut bahwa Sabang-lah jantung pariwisata bahari di Aceh. Selain itu ada Gua Sarang di kawasan Iboih yang baru-baru ini menggemparkan dunia, dan recomended untuk dikunjungi.image

Sedangkan di Pulau Weh, seorang petualang bahari belum afdhol dan sempurna rasanya jika belum pernah mengunjungi Tugu Nol Kilometer tersebut dan memiliki sertifikat Kilometer Nol Indonesia. Di Pulau Weh juga terdapat sebuah danau air tawar bernama Danau Aneuk Laot yang tepat untuk para penikmat wisata air.

image

Berkunjung ke Sabang adalah ambisi terkuat petualangan saya tahun ini. Ambisi menembus jantung pariwisata Aceh. Saya merasa ada magnet yang sedemikian kuat yang menarik saya untuk sampai kesana. Serupa ada misi hidup yang harus tunai tahun ini di Sabang. Bila berhasil menuntaskan ambisi petualangan pulau tahun ini, bukan berarti menjadikan saya berhenti menjelajahi Indonesia. Sebab semakin kita mengenali negeri ini, maka semakin cinta kita pada bumi pertiwi ini. Jangan berhenti bertualang, Indonesia masih sangat luas dan masih banyak tempat-tempat indah yang belum terekspose. Dan jangan lupa terus posting cerita perjalananmu agar semakin banyak orang yang menyadari bahwa negeri ini lebih layak dikelilingi terlebih dulu sebelum travel keliling dunia. Oleh karena itu, gunakanlah jaringan 4G LTE untuk mendukung kebutuhan internetmu, dan jadilah bagian dari generasi 4G yang diperkenalkan oleh Smartfren sebagai salah satu vendor terbaik di Indonesia. Salam blogger, salam traveler.

 

Catatan:
Foto-foto yang digunakan adalah koleksi pribadi, kecuali pada foto diving diambil dari situs http://www.bisnisaceh.com, foto Kilometer 0 Indonesia dari situs http://www.rakanwisata.com dan foto paling bawah diambil dari akun instagram @lumitrip_.

128 Responses to “Traveler Pasir Pulau”

  1. Keren pengalaman.y kak… yang baca jadi serasa ada d nyantai pantai… 😄😄

  2. Assalamualikum wr.wb.
    Luar biasa tulisannya kak, runut dan runtut membuat pembacanya seakan terhanyut dengan alur ceritanya.
    Mohon bimbingannya yaa kak dalam tulis menulis. http://www.yayanouht.blogspot.com
    Terima Kasih
    Wassalam

  3. Adinuansa Says:

    Mantap sekali petualanganta kanda. Terus berbagi terus menginspirasi.

  4. keren jadi pengen. ayooo trip bareng kanda di sulsel

  5. Wiiihh keren bang, bacanya bikin pengen kesana.. Bolehlah kalo ada waktu kita trip bareng, rencana mau kemana lagi dalam waktu dekat?

  6. Gina Annisa Says:

    Whoaaaaa kerreenn, bisa trip ke brbagai wisata di Indonesia. Bang kalo gw udh bisa nyelam ajakin ya bang haha, pengeen bangeettt ke tmpat wsta di Sulawesi… ntap lah abng satu iniii hihihi

  7. NandaAprilia Says:

    Luaaarrrr biasaa abang yg 1 inii selalu bikin gue iri pengin wista bahari d indonesia..sempat nyeseelll bgtt waktu itu d ajakin k derawan gue batalin. 😥 .
    emg indonesia tuh wonderful pesona lautnyaa…
    Semoga ambisi lu pengin k sabang terwujud y bang….#ajak..ajak gue bang k sabang… 🙂

  8. Keren abis bang. Warnai terus Indonesia!

  9. mantrap mas

  10. mujahidzulfadli Says:

    Sebagai pecinta gunung, di Papua Barat, saya malah berbalik terkesima dengan laut. Dan, rupanya jejak perjalanan bung cukup dramatik dalam mengelana destinasi birunya laut dan kecemerlangan pasirnya. This such a series of incredible journey that you have done.

    Saya doakan bung bisa menjejak Aceh dan bergegas mengepak bekal untuk selanjutnya ke tanah Papua, menapak lautnya. Seperti nyanyian yang dulu kita sering dengar, “sambung-menyambung menjadi satu, itulah Indonesia”. You deserve on it.

    • yes. ini misi hidup. bahagia dengan berkelana. allahumma amin. kemungkinan besar july ini saya ke tanah papua, mengemban misi patriot energi di kawasan pegunungan bintang atau di daerah keerom. namun, akhir bulan ini ada sabang marine festival (smf) 2016 yang semoga saya bisa kesana dan bisa eksplore lebih banyak kawan terbarat sebelum ke kawasan tertimur. and thanks so much for your attention in this blog. 🙂

      • mujahidzulfadli Says:

        Wow, jika jadinya ke Peg Bintang, supaya jelajahnya bung Ma’ruf lebih menarik, nanti saya hubungkan dengan beberapa teman yang sementara di sana. Salam Jelajah!

      • yess. siap. tengs infonya. pasti saya hubungiki

  11. Super keren. Pengalaman yang luar biasa sekali, Bang Ma’ruf. Indonesia sebagai negara dengan garis pantai terpanjang dan wilayah laut terluas di dunia, punya segudang destinasi wisata bahari yang luar biasa.
    Semangat terus untuk berbagi inspirasi tentang keindahan negeri tercinta Indonesia, Bang! Mungkin nanti bisa ajak2 travelling juga … haha…

  12. Ampuni saya yang cemburu buta kak! 😭
    I need vitamin seaa😔

  13. Inilah bukti perkataan Imam Syafii bahwa merantau dan melakukan perjalanan akan menghasilkan sesuatu yang manis dan luar biasa, subhanallah, sunggu perjalanan yang luar biasa, semoga Tuhan memberikan kesempatan ke perjalanan selanjutnya yang di impikan

    • Asyik. Tiap dengar nama Ulama Imam Syafii, langsung terasosiasi ke kata “merantau”. Syukron ustadz Asyraf Mustamin atas doanya. Moga bisa ikut Sabang Marine Festival 2016. #pesonabaharisabang

  14. Mutmainna Fil Jannah Says:

    keren

  15. sriwidayani syam Says:

    Amazinggg, haha kak liat laut saja saya sudah senang. Apalagi kak maruf sudah jelajah sampe pelosok2 bahkan berenang sama ikan2 dan biota laut lainnya… What a best experience.
    Mungkin banyak orang yang sebenarnya bisa ke beberapa tempat itu, tapi mereka masih belum punya nyali yang cukup.
    But, you make me proud of you kak.
    Kita tak hanya cukup dengan niat yang banyak, setelah itu mantra untuk memberanikan diri menghadapai segala konsekuensilah yang paling penting.
    Sesekali ajak juga adikmu inii kak.
    Ehh sering di ajak sih, tp
    InsyaAllah ajakn trip nya nanti saya ikut kak. Kemanapun.. Hahahaaa

  16. Soma Salim S Says:

    Waw, mantap. This is one of the best traveler stories I’ve read. I can’t imagine Indonesia without its marine. It is amazing. I wish your dreams come true to explore more tourist marine destinations, not only in Indonesia, but also around the world. Good luck!!

  17. kalau destinasi sudah dituliskan kak ma’ruf, sepertinya sebelah kakinya sudah menginjak kesana hahaa semoga dimudahkan kak.

    saya tidak pernah tahu klw di derawan ada hiu yg bisa diajak berenang sedekat itu,, padahal sudah beberapa kali dengar kisah teman yg kesana termasuk kakak sendiri (jangan” sengaja mereka skiip karena takut 😒) hahaha
    jk jk jk

    • aaaaminn. makasih supportnya mrf. berenang sama hiu memang tidak terlalu populer disana. soalnya itu semacam takdir. buktinya tidak semua orang di pulau derawan juga tau soal hiu yang bisa diajak berenang itu. hanya orang-orang ambisius dan beruntung yang bisa ketemu whale-shark itu. 😉

  18. Salah satu ambisi saya juga.. yaitu jelajah nusantara. Mantap kak, kerennn

    • siap. doakan yah bisa ke Sabang tahun ini, apalagi sampe bisa liat Sabang Marine Festival 2016. pasti keren! #PesonaBahariSabang

  19. RAHMAT ASIS Says:

    Mantap Bung. Ingat KPN

    • Siap Indonesia, Bung Rahmat. Iyya, saya berterima kasih sama KPN yang sudah kasi kesempatan buat liat Indonesia yang indah ini.

  20. Jadi pengen keliling Indonesia. Penasaran dengan Tugu Nol Kilometer di Sabang.

  21. Andi ayu Says:

    Keren kak rangkaian kata demi katanya 😊 Kayak penulis novel terkenal (amin). Pengalaman yg hebat dan menyenangkan. You story can inspire me or everyone ☺️

  22. Good luck for your big dreams in 2016 Bang Ma’ruf. Your story inspire me to learn more about our Indonesian resources

  23. Kerenlah, bisa berenang sm ikan paus hiu. Wonderfull Indonesia, mari kita senangtiasa menjaga dan melestarikan sda ini agar kelak anak dan cucu kita bisa menikmati keindahan ini 🙂

    • that right Bung Ucha, kita perlu pikir panjang tentang masa depan anak dan cucu cucu kita nantinya. di Makassar, di sekitaran kawasan spermonde katanya ada juga jenis ikan hiupaus whaleshark ini. 😉

  24. Abaaaaaaaaaang masyaallah, serasa mendengarkan langsung Abang bercerita ini di depanku padahal aku cuma baca
    Sumpah demi apapun aku merinding bacanya sampai tak terasa basah sudah pipi ini dibuatnya
    Teringat perjalanan hati menuju Derawan gak bisa ku ikuti, sayang sekali rasanya tapi sudahlah mungkin tidak waktu itu

    Keep write Abang, sebab cuma tulisan yang akan mengabadikan kenangan #tulisankupadahalbanyakPR
    Jangan menyerah sebab lelah, karena kita hanya boleh menyerah setelah Allah bilang waktunya pulang

    Pray best for Abang semangaaaaaaat
    Salam traveler, salam blogger, salam patriot sejati
    😆😆😆

  25. Mita Apriani Says:

    Mantap sekali bang Ma’ruf.. pngalaman luar biasa. Bikin iri dan mupeng mau menjelajahi wisata bahari di Indonesia. Mau ta mi juga

    • yuhuuu. makasih Mita, semoga tahun ini ambisi ke Sabang bisa mewujud. Saya tunggu juga tulisan2 Mita yang pastinya tidak kalah bikin mupengnya. Jambi pasti punya banyak cerita. 😉

  26. syahriani Says:

    witzzz keren kakaks….:-) 🙂

  27. Saya ingin menikmati setiap perjalanan ta, membacanya dimanapun saya berada, melihat setiap keseruan ta dan Saya berharap sebuah lembaran-lembaran tulisan diterbitkan agar memudahkan saya bisa menikmatinya.

  28. Jumardil Says:

    😱😱😱😱Woooowwww… kerennya.

  29. banyak orang punya ambisi untuk berpetualang jauuuh di luar negeri. Tapi negeri sendiri seperti kepingan dan teaser gambaran surga. Terima kasih sudah membaginya dan memberitahunya dalam tulisan dan foto yang cantik.
    salam Indonesia 🙂

  30. Waw… petualangan yg sangat keren…semua pemandangan pantainya indah… hmmm…. pengen ikut juga…. 🙂 :)…..

  31. Tya Anggraini Says:

    Waw… that’s so amazing …
    Pantai yang keren di tambah dengan hasil jepretan yang ketjeh dan di kemas dengan tulisan yang gak kalah bagus.
    “keren, ketjeh & bagus”.
    selesai explore pulau belitung, lanjut pulau lombok, bali, derawan dan sekarang harus dilengkapi explore aceh. Yeay…
    Aceh memang keren dan perlu di explore oleh orang-orang seperti kamu. Agar siapapun yang melihat bisa terinspirasi untuk explore juga.
    wish u luck.

  32. Nur Awaliah Says:

    Amin.. semoga keinginannya sgera diwujudkan.. fighting kak maruf!!
    ditnggu postingan Sabang nya kak.. ^^
    semoga sya jga dpt ksempatan kliling indonesia..
    Semangat traveler.. 😀

  33. dirgansyah ismail Says:

    Wuuiihhhh ini kerenn kak !!

  34. Luar biasa keindahan negeri ini..
    Amazinggg

  35. Keren pantainya. Memang benar, pantai Indonesia memang untuk memanjakan mata para petualang macam kakak. Sesekali jalan ke pulauku kak, kalau mau lihat pantai yang masih perawan tak pernah disentuh turis. Ditunggu fotonya kak

    • Yuhuuu Tamz, sebenarnya saya udah pernah sampai ke Kepulauan Natuna, disana memang indah dan kaya. Doakan kali ini saya bisa ke Aceh, bila umur panjg dan berkah mungkin saya ak kembali lagi ke Natuna. #sabangmarine #pesonabaharisabang

  36. eltifah Says:

    Keren sekali kak …. Pas baca ini saya jadi mau jalan-jalan juga. Saya jadi tidak berpikir lagi tentang yang selalu orang bilang “kamu perempuan”. Pantai memang selalu jadi titik-titik surga yang dianugerahkan Tuhan pada bumi dan manusia. Mudah-mudahan destinasi Kak Ma’ruf selanjutnya dimudahkan dan disegerakan. Hehe hidup jalan-jalan

    • Makasih Eltifah udah komen yang apresiatif. Iya saya doain juga kamu bisa jalan-jalan kemana saja yang kamu impikan. Dan trima kasih lagi supportnya, insya Allah saya akan ke Sabang. #pesonabaharisabang

  37. Nur Rahmah S ( '̀⌣'́ )งː̖́ Says:

    Semoga sampai ke Tugu Nol Kilometer kak! Di tunggu cerita-ceritanya^^

  38. Wets pengalaman dan tulisannya keren Kak!
    Oh iya, sebenarnya saya bukan tipe manusia pemuja keindahan pantai, tapi ada satu tempat yang ingin saya kunjungi dan rekomendasikan. Karimunjawa! Hehehe.
    Tetap menginspirsi, Kak
    #IndonesiaItuIndah

    • Waw, okeh akan saya catat sebagai rekomendasi dari Dian Kharisma…hehehe. Makasih yah udah tinggalin jejak. #pesonabaharisabang

  39. Jusbaeni Says:

    Wow, eksplor alam yang bikin mau juga ngetrip. rihlah yang kereeeen. dikemas dalam satu tulisan. seolah bertnya sdhkah kita tahu tubuh sendiri dengan Baik? Lanjuut kak! masyaAllah….

    • Assiiikk JB naruh komen di blogku. Makasih yah sudah mau nengok. Doain tahun ini bisa ke Sabang dan menikmatinya #pesonabaharisabang

  40. Wah Traveling mania, bisa menggambarkan secara baik pengalamannya, Aceh memang indah bung. Kamu orang yang pantas kesana, jangan buang sampah sembarangan ya 👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍

  41. asmaadrianti Says:

    masih ku ingat betul ketika menjadi salah satu anggota trip ke tanjung bira kali itu dengan kak ma’ruf tentunya.
    Luar biasaki memang kak!! Terima kasih sudah menginspirasi
    Semoga bisa segera terwujud destinasi wisata yang kita tuju berikutnya.

    Doakan ka juga nah kak..

    • Hehehe, trima kasih bu guru sudah sempatkan bikin komen dan sudah mendoakan saya untuk bisa sampai di Aceh, semoga bisa kesana tahun ini dan menikmatinya #pesonabaharisabang aaamin

  42. Keren kak!
    Indonesia memang luar biasa indahnya…dan dibutuhkan orang-orang macam kakak yang tidak sekedar menikmati perjalanan namun bisa mendeskripsikan, mengajak, dan mempromosikan pariwisata Indonesia dalam bentuk tulisan dan foto kecenya. Sukses dengan impiannya ke Aceh. Semoga dimudahkan 😄📷👒

  43. Way to go Kak😊😊😊
    Menarasikan perjalanan ditambah foto-foto eksotis merupakan salah satu impianKU. Izin, tulisan ini akan menjadi referensiku yah Kak HEHEHE

    • Siiip. Tengs alot yang Bung Muflih, sudah tinggalkan komentar. Seandainya ada kebaikan di tulisan ini, petiklah sebanyak-banyaknya…kalau ada kekeliruan, maafkanlah heheheh

  44. Dari semua pantai. Baru Bira yang kudatangi. Padahal ambisi mau jadi traveller pantai. 😥😤😧Semuanya keren. Utamanya si pantai pink. Duhduhduh….😍😍😍

    Saya akhir2 ini suka blogwalking dan nemu tulisan beberapa orang yang impiannya mau ke Derawan. Jadi penasaran sekali Derawan itu kayak gimana. Ternyata ……. cantik! Ahh pantas saja. Susah deh kalau mau memuji keindahan alam. Yaa baiknya dikunjungi. Hm hmhm…

    • Trima kasih Anna sudah bikin komen di tulisan ini. Saya turut aminkan ambisimu jadi traveller pantai. Mungkin kamu hanya perlu keluar rumah sedikit saja supaya ambisimu bisa jadi nyata.

  45. Sabang…. sabang… sabang…
    Bisa… bisa… bisa….

    Saya… saya…. saya…
    Juga 💪

    😁

    • Aaamin ayolah Mi, bareng ajah kesananya, kita pernah buktikan kekuatan visualisasi di Sail Belitong 2011. Hihihi. Ingat waktu itu hujan-hujan ke dispora dan yakin bisa berangkat bareng… dan akhirnya nyata…

  46. Awesome! Wish U luck to go there kanda kabid 🙂

  47. Kalo kak Asyraf bilang, orang waras mana yg tidak kagum sama sosok kak ma’ruf? Keren sekaliiiih tulisannya kak. Saya sampai2 bilang “wow” berkali-kali pas baca ini kak :”)
    kalo panitianya sabang marine festival baca ini kak, langung mki dapat golden ticket. Haha
    Semangat kak! ^^

    • Wiiih, untung asyraf ji yang bilang. Hahaha bukanji tia. Iyya muda-mudahan tahun ini bisa ke Sabang Marine Festival, aamin… #pesonabaharisabang

  48. Spechless!
    Itulah kenapa saya tidak pernah salah mengagumi tulisan-tulisan kak Ma’ruf…tulisan yang sejalan dengan pengalamannya. Kerenn pokonya!!! Truslah menginspirasi kak…dan teruslah berbagi agar banyak lagi orang yg termotivasi untuk berkarya lebih.

    • Hehehe, trima kasih sangat atas apresiasinya. Insya Allah, semoga Tuhan memudahkan jalan untuk istiqomah memberi inspirasi dan manfaat sebanyak-banyaknya.

  49. Nur Fadilah Says:

    Keren kak 🙂
    ini mi dibilang menyelam sambil minum air. Sudah mengabdi, belajar, dan jalan-jalan mi juga.

  50. Ooo em ji kak.
    Membaca postingan kak maruf, membangkitkan adrenalin saya untuk (juga) melakukan ekspedisi yg sama merasakan keindahan alam Indonesia. Saya tidak begitu tahu bahwa Indonesia semenawan yg diceritakan orang sebelumnya, tapi melalui postingan kakak diatas, saya bisa merasakan natural magic Indonesia.
    *noted: foto yang paling keren: berinteraksi dengan ikan hiu! すごい sugoi ne!
    Terima kasih sudah menulis pengalaman kerennya kakak. Semangat untuk setiap perjalanan selanjutnya kak.

  51. Keren postingan ta kak, runut banget ki gitu…. sukses kak untk menulis…!!

  52. Tambah lagi kak petualangan.x d tahun ini… Masih banyak pantai yg menunggu untk d kunjungi.

  53. Wah keren kak foto2nya, terutama yang main dengan ikan Hiu..

  54. Ana' Nalar Says:

    Di Tunggu Bukunya Kakak …
    Indonesia Indah, Kaya, Dan Luarbiasa.
    Semoga Sabang Bisa Melengkapi 😀

    • Siiip Bung, Sabang adalah surga untuk wisata bahari titik barat Indonesia. Dan tahun semoga bisa join di Sabang Marine Festival 2016. Aamin

  55. Anjir, keren.. Petualang, Saya rekomendasikan juga untuk sempatkan waktu kunjungi pantai-pantai di Malang bos, gak kalah menarik sama pantai di Aceh dgn Lombok.

Berkomentarlah yang Santun!

