Sesuatu yang Jauh

image

Setiap kali aku melihat sesuatu yang jauh, aku merasakan mabuk yang bersumber dari pangkal hatiku yang hendak bercabang-cabang kemana saja. Ke tempat dan waktu tidak menentu karena aku sendiri lebih banyak meragukannya.

Sesuatu yang jauh itu menjelma menjadi banyak sekali. Sehingga begitu sulit aku mengenalinya. Aku tidak menemukan kompas yang mampu menghantarku keluar dari kesesatan perasaan ini. Hanya ormet yang menandakan keberadaan sebuah wujud yang jauh sulit terjangkau itu.

Ada sesuatu yang jauh yang hidup dalam ingatan panjangku. Tapi aku tidak memahaminya dengan utuh. Sepenggal-sepenggal ceritera membuat sesuatu yang jauh itu samar dalam keheningan yang berkedip kedip. Aku memahami sesuatu yang jauh itu ditemani banyak sesuatu yang lain. Itulah yang membuatnya rumit ditemukan.

Seribu cabang mengantarnya pada ketidakjelasan. Dengan begitu, sesuatu yang jauh tetap saja mampu menerbitkan rindu yang abu-abu. Sebuah pengharapan sekaligus ketidakpastian yang nyata.

Sesuatu yang jauh, bukan adalah yang mudah diartikan. Meski hanya sesuatu, wujudnya tidak sejelas sesuatu. Begitulah seringkali rasa diterjemahkan manusia. Ada walaupun tidak ada. Menjadi sesuatu yang walaupun tidak ditemukan sesuatu yang mewujud sesuatu.

Pada tahap pengakuan murni, sesuatu yang jauh yang aku yakini akhirnya musti hanya ada satu. Pada waktu yang digariskan Tuhan, sesuatu yang jauh akan menampakkan jati diri yang selalu kuamini. Sesuatu yang jauh tetapi senantiasa dekat sekali dengan ingatanku. Bahwa aku memang saat ini tidak menemukannya. Kabut perbedaan jadi penghalang tembusnya cahaya yang menjelaskan keragu-raguanku saat ini. Bahwa sesuatu yang jauh masih juga belum juga dapat kujangkau.

Gambar; koleksi pribadi

Berkomentarlah yang Santun!

