Senyum Yang Hilang

senyum yang hilang

Hujan semakin jatuh tak terputus, bagaikan triliunan benang panjang yang menjuntai ke bumi. Hujan menghias di sana sini. Di dinding dunia yang maya dan nyata. Hujan membasahi akhir tahun. Banyak sekali. Menggenangi kubangan dan kenangan. Hanya satu tema yang sebanding dengan tema hujan di penghujung tahun, senyummu.

Entah kenapa di akhir tahun, senyummu begitu sulit ditemukan. Mungkin banyak kau sembunyikan di balik sunyinya malam yang kau dekap demi doamu. Bersama air mata yang kau aduk-aduk dalam cawan pengharapanmu. Senyum yang hanya imajinasi dan Tuhan yang tahu. Atau justru senyummu kau ukir di tempat lain. Di tempat yang begitu kontras dengan senyum itu sendiri. Sebuah kamuflase.

Tulisan ini sejujurnya ingin kusembahkan sebagai kado penutup tahun. Sebagai balasan atas banyak tanda tanya yang menggantung di kepalaku. Benarkah sebuah pertikaian begitu muda merubah raut wajah seseorang. Melenyapkan senyum sapa di semua ruang pertemuan. Seseorang yang begitu lekat dengan kebaikan. Seseorang yang telah melilitkan tali emosionalnya sebegitu erat di tiang kebersamaan. Seketika menjelma diam meninggalkan tanda tanya.

Sejauh yang kupahami. Amor platonicus akan selalu berakhir dengan kecuriagaan-kecurigaan dan pengabaian. Namun, pengabaian kali ini belumlah kusangkakan akan menjadi akhir dari semuanya. Kuyakin, kita masih punya banyak kesempatan untuk mengurai satu per satu kekusutan ini.

Sampai Desember ini berakhir, kuharap akan kujumpai senyuman itu mekar kembali. Senyum yang menebarkan semangat. Senyum yang menginspirasi gerak perubahan. Aku masih akan setia pada alur yang menyenangkan ini. Seraya menunggu Tuhan mengijabah permintaanmu. Lalu, dunia akan merangkulmu. Menyempurkan keelokan penciptaanmu. Bersama hujan yang memberkati. Senyummu tulus.

Makassar, 11 Desember 2014

Gambar; jemari-jalanan.blogspot.com

Berkomentarlah yang Santun!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: