Gairah Sepi (Bersetia)

bersetia

Ternyata kesepian tidak selamanya berkarib dengan meranggasnya nasib. Kesepian memang dianggap crumb, remah keadaan yang selalu dipinggirkan, dibuang karena dianggap bertolak belakang dengan semangat kehidupan, tapi ia menyimpan energi potensial yang menunggu disentuh-diolah. Energy potensial itu bersembunyi dengan khidmat dalam celah-celah yang bernama ruang dan waktu. Ia selalu datang tanpa disangka-sangka dengan memperalat nostalgia sebagai kereta kencananya. Bila sudah begitu, kesepian sejatinya juga menguar energi lain, energi yang lebih tampak, bergerak, dan hebat.

Energi kinetik.

Kesepian yang mengamuk memapu meredam gejolak kenyataan yang berseberangan dengan impian, mampu memutar sifat dan tabiat puluhan derajat hingga tanpa sadar seorang terlempar ke titik yang tak pernah terbayangkan;entah itu harapan, atau juga sesuatu yang dihindarkan. Tanpa sadar, diri pun bagai menemukan belahannya yang lain. Dan kekuatan dari kesepian ternyata mampu menyatukan belahan-belahan itu hingga menjadi sesuatu yang baru.

Sesuatu yang baru. Bukan sesuatu yang utuh.

Mungkin karena kesepian adalah keadaan yang paling mampu menciptakan ruang percakapan mahaluas tanpa gangguan radar. Mungkin juga karena kesepian mampu membiaskan pikiran yang tegang, memiuhkan ego yang saklek, dan mengubah perilaku yang mendarah daging.

Kesepian juga keadaan yang palig mustajab untuk merenung. Merenungi apapun. Termasuk masa lalu. Termasuk makna hidup. Termasuk membongkar-bangun ulang rangka jiwa menjadi lebih bersenyawa dengan kebaikan dan kearifan. Untuk menjadi lebih baik, lebih matang, lebih bijak. Lebih ….

Potongan Novel Bersetia karya Benny Arnas, halaman 165-166

Advertisements

Berkomentarlah yang Santun!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: