Takdir Itu Banyak!

semut-hitam

Sepertinya keliru, ketika kita hanya menyebut bahwa jodoh, rezeki, dan mati ada di tangan Tuhan. Kita awam dengan tiga perihal tersebut, lalu menjadi sedikit abai pada soal kehidupan yang lain. Kita luput untuk menjawab bahwa segala soal hidup, jawabannya adalah takdir Tuhan.

Kebesaran Tuhan tidak dalam batasan kata yang sangat material. Definisi atas kebesaran Tuhan itu justru kadang membuat kita sempit memaknai kuasa dan kebesaran Tuhan yang kita imani. Dalam banyak pandangan dan aliran Islam, tak satupun yang mau membatasi kebesaran Tuhan.

Semestinya kita mengerti, kita dalam jangkauan tangan Tuhan. Tapi tidak berarti tangan kita terbelenggu untuk berbuat amalan. Kita dalam jangkauan, namun kita punya kendali untuk bergerak melintasi zona-zona yang Tuhan telah orbitkan.

Kita punya energi untuk melompat dari takdir yang satu ke takdir yang lain. Tapi kita tidak punya kuasa untuk kembali ke takdir yang lampau. Usaha kita ke depan, doa kita menyempurnakan yang telah kita kerjakan. Usaha kita disetir hasrat, pahala kita digantung atas niat.

Kepada langkah-langkah yang sudah kita jejakkan, tiada upaya untuk kembali ke sana. Setiap kita punya masa lalu, dan dilapangkan untuk memohon maaf. Setipa kita punya harapan untuk baik di masa depan, Tuhan meluangkan kita untuk mengirim doa sebanyak mungkin.

Ketika kita percaya dan melakukan, kita sudah mendekat pada takdir yang kita inginkan. Tapi, jangan lupakan satu perkara bernama keberuntungan yang sering salah kita tafsirkan sebagai perpanjangan tangan Tuhan tanpa gesekan usaha kita. Kita akan menemukan reaksi atas banyak aksi yang mungkin telah dan akan kita lakukan.

Kembalinya kita kepada kesadaran atas kuasa Tuhan adalah bentuk keyakinan tertinggi dalam hidup. Sehingga kita tidak lagi menyandarkan diri pada takdir yang kita sebut keberuntungan. Kita tidak perlu lagi pasrah tanpa usaha. Kita mesti percaya diri, bahwa Tuhan akan memeluk mimpi yang kita usahakan. Tuhan itu baik!

Gambar: melviyendra.com

Advertisements

One Response to “Takdir Itu Banyak!”

  1. That is a great tip particularly to those new to the blogosphere.
    Short but very precise info… Thanks for sharing this one.

    A must read article!

Berkomentarlah yang Santun!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: