Menghidupkan Ide-Ide

marufmnoor

Aku merasa sangat beruntung berjalan di keadaan semacam ini. Keadaan yang walau hanya ditumbuhi ide dan rencana besar. Keadaan inilah yang mungkin saja disebut sebagai masa transisi. Dari kondisi idealis ke keadaan sosialis realistis.

Diberi kesempatan oleh Tuhan untuk menerapkan secara berkala banyak asumsi yang dulu begitu kuat dipegang erat, berupa nilai-nilai yang terintegrasi pada sebuah prinsip ideal seorang manusia. Masa yang menuntun pada pencarian ketenangan yang sesungguhnya. Saat kau sendiri seperti ini, kau akan menginginkan hal yang lebih kau butuhkan dari sekedar materi.

Walau agak rumit mencerna, makna bahwa ide tak lebih penting dari sebuah tindakan nyata. Tapi eksistensi ide adalah mutlak yang membuat kita berani maju melangkah menghadapi realitas. Janganlah sekalipun frustrasi dengan ide besar yang menghuni kepalamu. Bila waktu tak mampu menghibur nasibmu yang belum mujur, biarkan jiwamu menjadi sarang beternak ide-ide besar itu.

Kegagalan dalam tindakan adalah cerminan bahwa dunia inilah yang sedang memantaskan dirinya untuk ide yang telah coba kita nyatakan.Orbit ide-ide yang bermukim di kepala adalah realitas yang ditindaki dengan ikhtiar yang sungguh-sungguh. Jangan bilang “percuma” pada ide, karena ide dan waktu kadang berjalan tak seiring.

Idemu, mungkin sekarang tak sejalan dengan waktu yang ada, tak sepihak dengan kemampuanmu. Tak seorbit dengan kenyataan yang ada. Ide itu sepaket dengan takdir yang digenggam Tuhan. Ide itu adalah kebebasan yang dikaruniakan Tuhan pada jiwa manusia. Ide yang besar adalah sebuah isyarat untuk mahluk yang besar.

Penghargaan Tuhan atas ide adalah dibukanya gerbang kemauan untuk melakukan tindakan memulai. Karena sebaik-baiknya ide adalah ide yang diawali dan dikawal oleh komitmen dan konsistensi. Setiap kita mesti beruntung bila ternyata masih hidup dengan ide-ide yang besar.

Makassar, 21 Mei 2014

Advertisements

Berkomentarlah yang Santun!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: