Temali Pertemuan

 

***

“Pergilah merantau maka akan kau temukan pengganti kerabatmu”
Potongan Sajak Imam Syafii

Ada hal yang baru saja saya pahami. Saat waktu mendefinisikan singkatnya sebuah pertemuan yang kemudian pula akan memisahkan.

Saya belum sempat mengenal baik beberapa orang yang bisa saja menjadi kerabat di suatu hari nanti. Seperti ingin menyalahkan hari yang begitu cepat berlalu dan kemudian hanya menyisakan bekas senyuman atau mungkin saja berujung rindu.

Banyak kenalan baru, bukan berarti saya begitu saja akan melupakan sahabat lama. Pertemuan adalah pertalian sejarah dari masa ke masa. Saya suka mengenal banyak orang. Menganggap, semakin banyak kenalan, semakin mulus jalan untuk menemukan harapan.

Teman-teman di kelas selama dua minggu kursus ELFAST belum sempat terjalin akrab. Beberapa kawan di Asrama Pare Insitute datang dan pergi, silih berganti. Memang, sepertinya paket dari kata “singkat” adalah “belum”. Karena singkat maka kita belum. Tapi ada beberapa kasus yang akan bisa menjadi pengecualian. Tentunya, jika syarat pengecualian itu terpenuhi.

Di dua kelas berbeda yang saya ikuti, saya punya teman baru sekitar 30-an. Dan semuanya belum saya tahu namanya. Dari berbagai daerah di Indonesia.

Hanya beberapa di antaranya punya intensitas percakapan yang cukup. Sebab, saat program kursus berlangsung, bukan waktu yang tepat untuk melakukan komunikasi. Sedangkan saat program telah usai, masing-masing orang akan punya kesibukan yang berbeda.

Hari ini, setelah ujian kelulusan program. Saya belum tahu, apakah takdir akan mempertemukan kami lagi. Biar Tuhan-lah yang mengaturnya.

***

Kamar 10 Pare Institute, Kediri
07 Oktober 2013

Gambar : retakankata.com

 

2 Tanggapan to “Temali Pertemuan”

  1. di tanah rantau kau akan diuji kedewasaan mu. Saatnya menantang hidup!

Berkomentarlah yang Santun!

