Ballo dan Kesetanan

Menyaksikan pemuda yang berjalan lunglai, celana botol melorot. Hampir jatuh. Setiap jengkal kata yang keluar dari bibirnya terselip bahasa kotor, yang tentunya sangat jijik untuk diucapkan dalam kondisi normal. Pemuda ini setengah waras.

Rutin melakukan aktivitas meminum miras –ballo. Nyaris tidak kurang tiga kali setiap minggu, berliter-liter zat berlalkohol dituang masuk ke dalam tenggorokannya. Tak pernah jerah untuk menikmati. Padahal beberapa musibah yang menimpanya adalah efek saat dia dalam kondisi mabuk –kesetanan.

Kecelakaan saat berkendara adalah hal yang dekat dengannya. Beruntungnya sangat jarang terjadi kecelakaan dua pihak, jadi yang dirugikannya hanya diri sendiri dan property yang digunakannya.

Pemuda yang seperti ini ada banyak. Kadang hanya berbeda gaya –mabuk-nya. Ada yang model kesetanannya dengan mengucap bahasa kotor, ada yang lebih berani menganiaya teman sendiri saat mabuk, dan ada yang lebih sopan, tidur pulas setelah muntah-kuning.

Meminum –ballo seperti menjadi gaya hidup beberapa anak muda prustasi. Yang menatap gelap masa depan. Tapi untuk beberapa kasus meminum ballo adalah kebutuhan dan kebiasaan, misalnya di daerah dataran tinggi, yang beralibi untuk menghangatkan tubuh.

Life style yang telah banyak ditinggalkan manusia modern saat ini. Gaya hidup –jago terutama yang berhubungan dengan otot atau fisik sepertinya juga menjadi tren masa lalu yang telah terpinggirkan.

Masyarakat modern dan kaum metropolis, tentunya memiliki model lain yang mungkin mirip dengan aktivitas ini. Dugem atau clubbing  cara lain untuk menuju suasana nyaman mengeksplor diri. Mirip dengan meminum –ballo. Mungkin taraf –kesetanannya sedikit lebih rendah dibanding –ballo.

*Ballo = minuman beralkohol, terbuat dari sari aren yang disimpan beberapa hari. Dapat memabukkan bila diminum berlebihan.

Berkomentarlah yang Santun!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s