Seleksi KPN (Kapal Pemuda Nusantara) 2012

Inilah potongan hidup saya yang sangat mengesankan dari sisi memori yang dimuatnya. Mengikuti Sail Belitong 2011, dari kegiatan ini entah berapa juta bite rekaman peristiwa dari kegiatan ini. Ratusan halaman catatan harian melengkapi perjalanan berlayar selama 21 hari ini, bertemu ratusan pemuda dari seluruh Indonesia. Melihat luasnya Indonesia, tidak seperti yang pada peta. Menikmati panorama-panorama nusantara. Menyisir Indonesia wilayah barat. Terombang-ambing di lautan sejati. Berdiskusi soal Indonesia yang kompleks.

Tahun lalu keikutsertaan pemuda dalam rangkaian acara  Sail Belitong 2011 dikemas dalam sebuah paket kegiatan bernama Lintas Nusantara Remaja Pemuda Bahari (LNRPB) 2011 yang pada beberapa tahun sebelumnya bernama Pelayaran Kebangsaan (PK).

 Tahun ini kembali akan dilaksanakan Sail Morotai 2012, dan akan mengikutkansertakan pemuda dari seluruh Indonesia. Sebagai realisasi atas tanggung jawab moral yang dibebankan pada setiap abdi bahari, saya akan menshare beberapa informasi terkait dengan penyeleksian peserta Sail Morotai 2012. Informasi ini berdasarkan milist dari teman yang telah lebih dulu menerima surat edaran dari Dinas Provinsi Sulawesi Selatan, tentang seleksi peserta KPN (Kapal Pemuda Nusantara) nama lain LNRPB.

Saya sengaja share info ini, karena saya yakin pemuda visioner Indonesia khususnya di Makassar juga sangat ingin melihat Indonesia secara utuh. Dengar-dengar, untuk pelayaran tahun ini, akan melalui rute eksotik Indonesia, yaitu Jakarta-Lombok-Raja Ampat (Papua)-Morotai-Bitung-Selat Sulawesi-Jakarta (bocoran dari Sail Belitong 2011). Namun, informasi ini setahu saya hanya berlaku untuk Provinsi Sulawesi Selatan. Berikut beberapa poin penting dari seleksi KPN 2012.

Syarat calon peserta :

  1. Warga Negara Indonesia usia 20-27 tahun
  2. Surat Keterangan Dokter
  3. Bisa renang
  4. Belum menikah dan tidak merokok
  5. Proposal kegiatan mengenai potensi kelautan daerahnya
  6. Belum pernah mengikuti kegiatan KPN yang dislenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga atau Kementerian Pendidikan Nasional
  7. Tinggi dan berat badan minimal : putri 155 cm, 45 kg dan putri 160 cm, 50 kg
  8. Memiliki tingkat kebugaran jasmani yang baik melalui test lari 2400 meter dengan durasi putri  13,81 – 15,54 menit, dan putra 10,46 – 12 menit

Administrasi :

  1. Fotocopy KTP yang masih berlaku
  2. Izin tertulis dari orang tua/instansi yang bersangkutan
  3. Proposal kegiatan mengenai potensi kelautan daerah masing-masing
  4. Pasfoto 3 x 4 sebanyak 4 lembar

 

Pendaftaran calon peserta melalui bidang Kepemudaan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Selatan mulai tanggal 13 – 24 Ferbruari 2012 dan seleksi tanggal 28 – 29 februari 2012 di Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Selatan, jalan Perintis Kemerdekaan Km 10 Tamalanrea Makassar (CP Bapak Drs. Tariyono Yahya 0816254079

Salam Bahari!!

Catatan : Saya bukan mantan peserta KPN!!!

#1001ceritaLNRPBakansayatulisdiblogini

164 Responses to “Seleksi KPN (Kapal Pemuda Nusantara) 2012”

  1. Terimakasih infonya sangat bermanfaat, boleh saya minta contoh proposal nya?jika berkenan tolong kirim ke email meivisholehah@gmail.com terimakasih

  2. assalamualaikum
    kak..mohon ijin boleh minta proposalnya. di email saya Ratffa20@gmail.com. terimakasih.

  3. Kakak boleh minta tlong dikirimkan contoh proposal aprysca@gmail.com

  4. Assalamualaikum, mf sebelumnya , saya tertarik mau ikut KPN sail Tomini tahun ini kak. Tapi saya masih bingung dengan pembuatan proposal potensi bahari nya. Kalo boleh, tolong kirim contoh proposal nya k email saya ya kak lissapujikhasanahhhh@gmail.com
    Terima kasih banyak kak..

  5. jery wiranda Says:

    Informasinya sangat bermanfaa kak . bs krmkn cth proposl ke jery9wiranda@gmail.com terimakasih sblmnya kak

  6. ali sofyan Says:

    kak boleh gak contoh poposalnya dikiim ke email alisofyan_98@yahoo.com

  7. ali sofyan Says:

    kak boleh dikiimin ke gk contoh poposalnya ke email alisofyan_98@yahoo.com

  8. Muhammad Radityo Reksagama Says:

    Bang boleh minta contoh proposal nya? Email saya radityoreksa@yahoo.com terima kasih sebelumnya

  9. minta contoh proposal ke em.hanif@hotmail.com boleh?

  10. cutssky Says:

    Ka, mau minta dikirimin contoh proposalnya tntg potensi bahari itu dong kak hehe taun ini mau ikut^^

  11. Assalamualaikum kak,
    trima kasih kak atas postingannya , sangat membantu 🙂
    oppy boleh minta file proposalnya jg kak ?
    oppy pernah buat proposal kak , tp selama ini buat proposal untuk organisasi kak, tentang kebaharian belum pernah buat, insyallah tahun ini ikut KPN Sail Tomini, mohon bantuannya ya kak . . ini email oppy kak, oppydwiandini1@gmail.com
    terimakasi kak sebelumnya 🙂

    • waalaikumsalam dek. trima kasih sudah singgah dan komentar di postingan ini. contoh poposal kebaharian sudah saya kirim. semoga ada manfaatnya dan sedikit bisa membantu adek membuat proposal. semoga juga bisa lolos jadi peserta Sail Tomini 2015. semangat oppy. kabari kakak kalau misalnya kapalnya singgah di pelabuhan makassar. 🙂

  12. Assalamualaikum, saya jg tertarik mau ikut KPN sail Tomini tahun ini kk. Tpi saya masih bingung dengan pembuatan proposal potensi bahari ny. Kalo boleh, tlg kirim cntoh proposal ny k email saya kk . Terima kasih banyak kk..

  13. assalamualaikum kak, nama saya yulfiariza nursalbi,saya kurang mengerti tentang proposal kebaharian yang harus dibuat sebagai syarat pendaftaran knp, bisa minta tolong kirimkan ke emailsaya : yulfiarizanursalbi@yahoo.com, makasih kak, ditumggu balasan emailnya segera, makasih.

    • waalaikumsalam adik. trima kasih yulfiariza nursalbi. semoga contoh proposal yang saya kirimkan bisa membantu adik dalam melulusi seleksi KPN 2015 ini. jangan lupa kabari kakak kalau misalnya kapal berlabuh di Makassar. good luck.

  14. Aisyah Apriyanti Says:

    kak,boleh minta tolong kirim lagi nggk contoh proposalnya?blm masuk yg td mlm kak,aisyahapriyanti@gmail.com,,terimakasih

  15. kak, boleh tanya,, itu waktu tes wawancara yg ditanyakan apa ya kak ? mksih 🙂

    • iya, hmmm kalau dulu-dulu sih pertanyaan2nya seputar kebaharian. Paling penting juga sebenarnya, paham dengan isi proposal bahari yang kita buat.

      Aaahh, trus biasanya ditanya juga tentang potensi bahari daerah masing-masing. Bagaiamana cara pemanfaatan potensinya.

      Juga musti belajar juga tentang wawasan nusantara dan NKRI. Sejarah nusantara misalnya, luas laut, panjang garis pantai, dll.

      Semoga membantu, hehehe

  16. Assalamualaikum kak, makasi kak atas postingannya , sangat membantu 🙂 dinda bole minta file proposalnya jg ? dinda pernah buat proposal kak , tp selama ini tentang energi terbarukan, tentang kebaharian dinda belum pernah buat dan masi gk tau kak ngebahasnya darimana . . insyallah tahun ini ikut KPN Sail Tomini, pendaftaran untuk prov Riau baru buka kak sampe tgl 15 ini , mohon bantuannya ya kak . . ini email dinda kak dindayuliaoctaviani@gmail.com terimakasi kak sebelumnya 🙂

    • Waalaikumsalam.
      Bagus. Saya juga tidak menjamin proposal yg akan saya kirimkan sesuai dengan espektasinya Dinda. Tapi semoga membantu. Semoga betul lulus jadi peserta Sail Tomini. Kalo singgah di Makassar bolehlah saya dikontak kontak. Hehehe. Good luck.

  17. Rury Ratnafuri Says:

    assalamualaikum ka, maaf ka saya boleh liat contoh proposalnya ga ka? saya sudah coba mnta sama senior saya tapi tidak dapat, mohon bantuannya ya ka kalau bisa kirim ke ruryratnafuri@yahoo.com makasih ka

  18. Assalamualaikum kak, boleh minta contoh proposalnya ke email triwiratna12@gmail.com karena saya mau coba ikut program semacam ini.. Terima kasih..

  19. rizky puspita arum Says:

    assalamu alaikum kak,boleh minta contoh proposalnya …
    aku juga mau ikutan sail tomini 2015 nih kak …
    kirim di alamat email puspitaarumkrisna@gmail.com ya kak
    terima kasih

  20. kak boleh minta bantuannya kirim contoh proposal kebahariannya ke FB, suratna ragil utama atau ks.nana@ymail.com

  21. Halo kak,

    saya berniat untuk mendaftar pada program KPN tahun 2015 ini namun masih bingung mengenai proposal kebaharian yang harus dibuat. Dapatkah kakak mengirimkan contoh proposal ke diza.faraskhansa@gmail.com sebagai rujukan saya dalam pembuatan proposal?

    Mohon bantuannya dan Terima kasih banyak ya kak 🙂

    • Halo adik,
      Iya saya saran kepada pemuda memang baiknya itu kegiatan semacam ini. Soal proposal, saya tidak begitu yakin sebenarnya dengan proposal seperti yang saya punya sesuai dengan espektasi Adik Diza. Tapi silakan cek emailnya, semoga ada manfaat di dalamnya. Saya doa adik bisa terpilih sebagai salah satu peserta KPN, tahun ini namanya Sail Tomini. Good luck.

  22. sainal Says:

    tolong kirim contoh proposalnya kak di sainalelguaje@rocketmail.com

  23. permisi kak, minta contoh proposalnya dong. kirim ke yopie.dalimunte@yahoo.com ya kak. thankyou

  24. Dita Ika Sri Wahyuni Says:

    Assalamualaikum kak,

    Terima kasih atas informasinya sangat menarik untuk saya, boleh saya minta contoh proposalnya kak ?
    mohon dikirim ke ditaika06@yahoo.com

    terima kasih ya kak..

  25. Assalamualaikum.
    Selamat sore, Kak. Terimakasih banyak utk informasinya :))
    Mohon maaf kak sebelumnya, bisa tolong kirimkan contoh proposalnya ke email bemuin2013@gmail.com kak? Saya sangat ingin turut serta dalam KPN 2014. Terimakasih ya kak. Ditunggu. Semoga kakak sukses selalu ^_^

  26. kak, bisa tolong kirim ke alamat email saya juga gak contoh proposalnya. tolong kirim ke email diadanaku13@yahoo.com. terima kasih

  27. irfan zidni Says:

    assalamualaikum wr.wb kakak
    bisa minta tolong contoh proposalnya
    tolong kirim ke email irfanway22@gmail.com
    terimakasih kak

  28. aslamualaikum… kakaa klo blh jg saya kirimkan cnth proposalnya kakaa sl nya saya msh bgg jg nii kak. pgen berpartisipasi jg kakaa.. sekiranya bs dikirim ke email sayaa yaa kakaa @elyazam@ymail.com. trimakasih kakaa sblmnyee 🙂

  29. Kak, saya dari sumatera selatan. Mau minta contoh proposalnya boleh? email saya debzcitrak@gmail.com. makasih sebelumnya.

  30. selamat malam kak.
    boleh saya minta contoh proposalnya ? bisa dikirim ke email saya dinaarda58@gmail.com
    oiya kak, saya bingung di kota saya Samarinda itu tidak ada laut, jd ada saran untuk proposalnya ?
    Terimakasih 😀

  31. Sandy Ardiansyah Says:

    Assalamualaikum.wr.wb. Saya Sandy kak, jika diperbolehkan saya ingin meminta contoh proposal kebaharian kakak ketika mengikuti KPN. Mohon kiranya bisa diemail kan ke : sandy_ahligizi@ymail.com. Terimakasih banyak kakak. Semoga sukses selalu… Aamiin

  32. asalamualaikum,
    k, tolong kirim contoh proposalnya juga ke email saya fitriyanamigumi@gmail.com. saya ingin turut berpartisipasi tahun ini. terimaksih sebelunya 🙂

  33. ass
    kak boleh lihat contoh proposalny,jujur saya bingung kak, krna baru awal mau ikut tahun ini. bisa tlong kirimkn contoh proposalnya ke alamat email saya dwinirmalaanggraini@ymail.com
    mksih kak sebelumnya

  34. meski bunga pada akhirnya gugur
    alangkah baik jika kita saling bertegur

    salam pagi mesti tersampaikan …
    kakak, saya ingin sekali mengikuti KPN entah tahun ini atau tahun berikutnya sebagai persiapan bisakah kakak mengirimkan contoh proposal kebaharian pada saya?
    email saya : widurisenjaku@gmail.com
    terima kasih banyak.
    salam…

  35. salam bahari,,saya dr bengkulu juga mempunyai niat ingin ikut KPN taun 2014… tapi saya masih bingung perihal proposal. boleh kah saya minta contoh proposal kakak. Trims
    ini email saya kak, ecca_afry@yahoo.com

  36. saya mau coba ikut KPN nih kak, tapi saya bingung membuat proposalnya kayak gimna ya, bisa bantu emailin kah kaka, saya dari NTB, mohon infonya kaka, email saya triana.dayu@yahoo.co.id

  37. hai kak saya anita asal lampung saya ingin mengikuti seleksi sail raja ampat. tapi saya masih binggung perihal proposal. boleh kah saya minta contoh proposal kakak. Trims
    ini email saya kak anitarahama@gmail.com

  38. […] ini. Postingan saya pada kegiatan Sail Morotai 2012 banyak mendapat komentar sampai sekarang, di link ini ada banyak penjelasan untuk beberapa hal yang terkait dengan perekrutan peserta Sail Raja […]

  39. oh iah k’ maav .ini email sy . astri.purab@yahoo.co.id .termiaksih k’ 🙂

  40. ass, salam kenal k’.bisa krimin ke email saya contoh proposal kebaharian ??asal saya dr NTT k’. makasi banyak yah k’. soalnya pengend ikut KPN selanjutnya .

  41. Untuk seleksi setelah wawancara apakah ada seleksi selain lari berupa renang dan kebugaran lain? Kalau ada, bisa minta tolong diceritakan seleksinya? Trims 🙂

    • Sependek pengeahuan saya, beberapa tahun terakhir ini di provinsi Sulawesi Selatan. Setelah tes fisik sudah tidak ada tes lagi, sisa menunggu pengumuman. Dan kuota tiap tahun itu tidak sama, tergantung kondisi dan kebutuhan penyelenggara Sail. trims atas kunjungannya, 🙂

  42. Kak, jd yg mslh proposal itu yg pntg bikin aja ya? Soalnya bingung mau bkinnya, provinsi ku Palembang, ga ad laut, jd gmn?
    Oh ya, di t4 kami, yg mhswa hrus minta surat ijin cuti, itu minta surat ijinnya kmn?

    • oh gitu, proposal sebenarnya penting juga, karena dalam proses seleksi nanti akan ada sesi wawancara, nah salah satu yang ditanyakan adalah isi atau metodologi kegiatan yang anda tulis di proposal.

      oh, kalau surat cuti berarti di bagian kemahasiswaan kampus, tapi menurut saya, pelaksanaan sail wakatobi tidak akan membuat seorang mahasiswa terlambat akademik “cuti”.
      Namun, bila itu jadi syarat di panitia propinsi silahkan aja minta di dekan atau di PR 3 surat rekomendasi sebagai mahasiswa yang diutus untuk mengikuti seleksi di propinsi.

      oke tengs

  43. T. Mirdha Says:

    maaf ada yg tertinggal sobat.
    mhon di share kan apa saja aspek soal yg akan di tes,,,,,?????

    • biasanya pertanyaan tentang ke-baharian, contoh “brapa luas lautan indonesia, perjanjian juanda itu apa, dll”

      trus, yang paling penting adalah kuasai proposal kebaharian yang anda buat.

      tengs.

  44. T. Mirdha Says:

    Slam kenal sobat.
    saya dari Aceh ni. ada beberapa yg ingin ditnykan.
    1. jika ada rekomendsi dri KNPI, itu akan mnjdi pertimbangan khusus g untuk lulus KPN….??? krn sya pengurus KNPI.
    2. Mhon sobat untuk di bntu dri segi cntoh proposalnya. jika ada mhon dikirimkan ke Email saya y….
    Email: mirdha.minyeuk@gmail.com.
    trimksih yang tak trhingga seblum dan sesudahnya.
    Wslm……

    • oh, iyya dari tahun ke tahun, selalu ada perwakilan dari organisasi kepemudaan seperti KNPI, sangat bagus bila menyertakan rekomndasi dari KNPI, dan bila gagal jadi utusan propinsi, coba ajukan diri anda ke KNPI pusat sebagai utusan KNPI aceh untuk mengikuti sail komodo 2013. okey..

    • contoh proposal lain waktu saya kirim, filenya ada di pc

  45. mul climb Says:

    aku pengen skali ikut kpn ini
    insya allah klau kesempatan ada

  46. Lidiya mandabayan Says:

    Makachy yach kak …!
    Udah sangat membantu lewat informasix…!!

  47. selamat mba bro, selamat bertualang dengan para pemuda se-indonesia.
    urusan proposal gak usah dibawa bingung. nanti diperjalanan bakalan ada sharing tentang ide-gagasan (proposal-mentah) dengan semua peserta sail.
    sekali lagi, nikmati perjalanan mba bro. lihat-cepret-catat!

  48. Lidiya mandabayan Says:

    Saya salah satu peserta KPN/LNRPB Sail morotai terpilih dari kota sorong Papua Barat.
    Besok sudah berangkat ke jakarta, tapi saya msi bingung gimana teknis kegiatannya dan juga saya blum buat proposal yg diminta !
    Sy harus Gimana yah !

  49. Terima kasih yaa ka’ atas berbagi pengalaman dan informasinya!
    mohon dukungan dan doa.a yaa ka’ semoga kegiatan ini bisa berjalan dengan sukses!

    • amin, sejak kami dimandi katulistiwa. alumni pelayaran (sail) akan menjadi pemuda/insan bahari yang akan saling ingat-mengingatkan tentang kemajuan bangsa, saling berbagi informasi dan wawasan. selamat berlayar dan nikmati setiap sensasi yang diberikan

  50. gan saya udh lolos tinggal pemberangkatan nya aja, cuman yang jadi khawatir yaitu, masalah renang.. hee gmn ya bingung juga

    • santai aja masbro, gak bakalan ada peserta yang dibalikin bila ketauan gak bisa renang. meskipun ada simulasi untuk antisipasi “kecelakaan” selama pelayaran tapi gak bakalan ada paksaan untuk renang. kalau pun misalnya ada renang, mending jujur aja, sampaiin ke komandan, kalau masbro gak bisa renang.

      eh masbro, sampai ketemu adik-adik aku ya di kapal, cari aja namanya “rahmat fajar asis” dan “hikmawaty sabar” asal makassar. selamat berlayar!!! semoga ombak lautan timur bersahabat! 🙂

  51. ka tolong di balas
    bgmn kalau misalanya cwok yang tidak bisa berenang, apakah nti akan di pulangkan?

    • pengalaman sy sih, ga ada peserta yang dipulangkan, meskipun ga tau renang. stiap kegiatan yg berhubungan air slalu dipastikan ‘safety’. tp kalau misalnya memang ada kegiatan -renang- mending terus terang aja bilang kalau ga bisa renang. ga apapa kok! intinya gak ada peserta yg dipulangkan!

  52. ass’ ka Kalau untuk cwo gmna yg gak bisa renang ??? nti hrus dipsa test renang juga ato nego lagi juga yg saya tahun TNI AL itu pada gag bisa rennang juga loh hehhehe mhon blsannya yah kak

  53. untuk cowo kalo gag bisa brenang itu gimana yh hehhee kan klo cwe gag dipaksakan untuk test kalo cowo klo gag bisa brenang itu hrus test juga yh 😉 ato gga test

  54. sya prwkilan dr kemenag,,tpi tinggi badan sya hanya 153,,sdgkan prsyratan TB untuk (pr) min 155 cm
    apakah TB sgat mmpengaruhi??
    tkut’y nti sya malah dipulangkan..
    mhon pnjelasan’y,,trimakasih

    • wah SELAMAT, tidak usah khawatir, saya juga hanya punya TB kurang lebih 156 cm, bahkan ada perwakilan DIKTI yang lebih minus lagi dari saya. Saat telah menaiki KRI mustahil ada pemulangan peserta. sekali lagi selamat.

      Dua adik tingkat sayajuga akan ikut berlayar (Sail Morotai) tahun ini, namanya Fajar Asis dan Hikmawaty Sabar, sampai ketemu disana.

      • makasih 🙂
        slah stu prsyratan’y kan hrus bkin Proposal mengenai potensi dan peluang dalam usaha dan pelestarian kelautan/kebaharian di daerah masing-masing,, sdangkan sya tggal d daerah yg jauh drpd klautan
        apakah bleh sya mngambil daerah lain sbg objek’y atau sya hrus mndeskripsikan potensi klautan indo scra umum?
        bleh mnta contoh proposal’y g (krim email)?

      • Kegiatan di Kapal itu sangat variatif, proposal yang diajukan saat mengikuti tes calon peserta tidak dituntut untuk akan dibahas satu persatu. Meskipun di kapal banyak berdiskusi tapi temanya tidak hanya melulu menyoal tentang (proposal) kebaharian, persoalan kenegaraan akan lebih banyak dibincangkan.

        Terus, untuk file proposal kebaharian saya, dengan segala niat untuk membantu akan saya coba kirimkan, file saya sendiri 2 minggu yang lalu lenyap bersama dengan laptop tempat tersimpannya semua data saya. Tapi akan saya coba minta file dari dua junior saya yang lolos tahun ini.

        reply disini aja emailnya, secepatnya akan saya usahakan.

      • makasih,,
        ditunggu email’y,,
        adawiyah_nr@yahoo.com

      • okey, keepwaiting!

  55. kolinlamil, markas angkatan laut. akronim dari Komando Lintas Laut Militer. letaknya d tanjung priok!

  56. kalau mau liat pserta yang ikut LRNB tahun 2012 / SAIL MOROTAI gmana caranya…???

  57. saya lolos seleksi administrasi sail morotai 2012 ,, yg mw sy tanyakan ..
    kn ada syarat bs renang . nah klo g bs renang gmn ?
    thx

    • tenang aja, alhamdulillah kalau udah lolos berkas. menurut saya renang adalah formalitas dan hanya sebatas syarat. ketika pelayaran berlangsung memang ada beberapa simulasi yang menuntut peserta harus bisa renang. tapi itu tidak dipaksakan ke seluruh peserta.

      pun ketika tes renang dipersyaratkan biasanya kembali akan dilakukan nego atau kompromi pada calon peserta untuk tes renang. kan gak enak para wanita dites renang oleh intstruktur. nego aja ke intsrukturnya untuk ga usah ada tes renang pada peserta perempuan.

      bukannya mau ngajar hal yang salah, ya..kalau ditanya bisa renang? ya..jawab aja bisa…. haha

      makasih telah berkunjung ke blog kumuh ini.

      • Kalau untuk cwo gmna yg gak bisa renang ??? nti hrus dipsa test renang juga ato nego lagi juga yg saya tahun TNI AL itu pada gag bisa rennang juga loh hehhehe mhon blsannya yah kak 😉

  58. NatenDimas Says:

    tolong dong, bingung nih buat proposalnya

  59. NatenDimas Says:

    tolong dong bingun nih buat proposalnya

    • proposal itu sebenarnya gak sulit. langkah paling awal adalah cari gagasan/ide tentang kebaharian. trus cari referensinya di internet. Toh nanti pada saat pelayaran/sail berlangsung, gagasan atau proposal itu hanya jadi formalitas dan bahan diskusi di Kapal. jadi spertinya tidak di realisasikan. jadi..mudah kan. gak usah terbebani dengan realisasi program atau proposalnya. mas hanya tawarkan ide/gagasan kebaharian.
      oke..thanks atas kunjungannya

  60. NatenDimas Says:

    saya sangat bingung untuk membuat proposal nih,, karena saya utusan BKKBN Kal-Tim dan persyaratan untuk proposal yang menghambat saya..

    • Mas coba aja nulis proposal kebaharian, temanya ada banyak kok. Mas bisa arahkan proposalnya ke pemanfaatan, pengelolaan, konservasi, budi daya atau mungkin buat proposal kegiatan semacam kegiatan pelatihan atau penyuluhan.
      Kemarin, sekedar gambaran teman saya yg lulus pada seleksi KPN 2012 Dispora Sulsel dia ambil tema tentang budi daya kepiting cangkang lunak, dan dulu pernah juga ada teman saya yang buat proposal restoran ikan tuna, ada juga buat pemanfaatan alga hijau.
      Yang terpenting sebenarnya adalah ide/gagasan untuk bahari dulu. soal referensi itu ada banyak di internet, tinggal mas gabung-gabungin tapi tetap tuliskan sumber referensinya.
      Semoga bermanfaat,

  61. sya memnuhi tp gk ad niat buat ikut….

  62. kalok untuk wilayah Bangka belitung gimana nih cara ikut Lintas Nusantara Remaja dan pemuda Bahari sail morotainya…..

    • Mba bisa jadi wakil Provinsi BABEL tesnya diakomodasi oleh DISPORA Provinsi masing-masing dan jadwal seleksinya berbeda tiap provinsi.

      Mba Novi juga bisa jadi utusan Kampus UBB, biasanya undangan/permintaan menjadi utusan kampus di tembuskan melalui website dikti -www.dikti.go.id- diawal-awal bulan Juni.

      Atau Mba lewat utusan organisasi kepemudaan, seperti KNPI, Pemuda Pancasila, HIPMI PT, dll.

      selamat berjuang Mba semoga bisa jadi salah satu peserta SAIL MOROTAI 2012.

      • eemmm kalok bwt jd utusan UBB sih kemungkinannya kecil bnget mas soalnya ud ad 2 temen yg udh direkomendasikan bwt ikut..
        yah deh makasih infonya mas… semoga masih ad jlan bwt ikut LRNPB sail morotai

      • owwww.gitu..coba aja ikut seleksi di Dispora Babel. atau kesana aja dulu Mba tanya-tanya soal utusan provinsi babel untuk acara Sail Morotai…

  63. Semua kriteria terpenuhi, kecuali renang. Maaf.. Kalo ga bisa renang masih bisa apply gaa???

    • pengalaman aku mba beberapa tahun, syarat renang itu hanya formalitas untuk kontestan cewek. biasanya saya liat hanya cowok yang di tes renang.

      Mba coba aja ke Dispora -Provinsi…siapa tau masih buka…syaratnya hampir sama di semua daerah, beda jadwal seleksinya aja mba..

  64. I Putu Ardi Juliarta Says:

    Ini untuk di jakarta ada gak ?????

  65. ya..sy memang bukan alumni KPN. tp sy alumni LNRPB. LNRPB diikuti oleh bnyak utusan salah satux KPN yg jalur perekrutanya melalui dispora masing2 propinsi. umunya tiap propinsi mengutus satu putra dan satu putri. KPN saat ini telah memiliki organisasi Korps Alumni KPN, bukan korps alumni LNRPB.
    contoh utusan lain yg ikut LNRPB adalah dari utusan DIKTI yang meminta masing2 kampus di IND untk mengutus 2 mahasiswanya mengikuti LNRPB. saya sendiri adalah utusan DIKTI wakil dari kampus UNM makassar.
    LNRPB jg d ikuti dari utusan organisasi kepemudaan, seperti KNPI, PEMUDA PANCASILA, PRAMUKA, HIPMI, dll.
    jadi LNRPB adalah nama kegiatan pelayarannya yg diikuti oleh pemuda-i- dari berbagai utusan. Sebelum LNRPB nama kegiatan ini adalah PK-Pelayaran Kebangsaan

  66. anda berkata anda bukan peserta KPN, tapi info yang di share adalah info dari KPN. kalau info LNRPB sendiri bagaimana.???? kok tidak konsisten ya.???

  67. anda bukan peserta KPN tapi info yang di share adalah peserta KPN. kok tidak konsisten ya..??????

  68. saefulloh Says:

    sulsel kapan mo adakan seleksi

  69. aduh aku belum 20 T_______T

  70. klo alhamdulllah saya memenhi semuah……………

  71. ikut maki,… saya panitia sail morotai…..
    ku hajarki semuaaaaaaaaaaaaaa….

  72. untuk Makassar, berapa kuota peserta yg di butuhkan untuk tahun ini?

    • 2. satu cewek satu cowok. kemarin ada juniorku ambil formulirnya dan ternyata baru dua orang ikut seleksi. segerami buat proposal. banyakji itu di google contoh proposal kegiatan tentang potensi kelautan.
      Salam bahari!!

  73. dimana bisa liat format proposalx???
    d cari d google, tp ndag dapat….

  74. buat meki proposal potensi kelautan. Syarat berat badan tidak utama. Jangan layu sebelum kuncup!
    Fighting Spirit!!!

  75. Nda memenuhi kriteria ka,,terutama berat badan

  76. Sya nd memenuhi kriteria,,terlebih yg berat badan

  77. saya juga tidak memeuhi kriteria 😦

  78. saya juga tidak memenuhi kriteria 😦

  79. Syangnya sya memnuhi kriteria….

Berkomentarlah yang Santun!

