JENESYS Programme: Invitation Programme for Creators

Logo Jenesys

Program ini bertujuan untuk mengundang 20 seniman muda, desainer, dan orang-orang di bidang kreatif dari 13 negara Asia Pasifik (Indonesia, Malaysia, Filipina,Singapura, Thailand, Brunei, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, India, Australia, NewSelandia) setiap tahun. klik disini untuk masuk di website resminya.

Program Jenesys ini, khususnya untuk ke Jepang, akan dilaksanakan dalam bahasa Inggris. “Maka, interpreter bahasa Jepang-Inggris atau sebaliknya akan disediakan untuk semua kegiatan selama program Jenesys,” dikutip dari laman Unnes, Jumat (10/2/2012).

Berdasarkan ketentuan itu, mahasiswa yang ingin mengikuti program ini diwajibkan bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris, serta merupakan mahasiswa semester tiga ke atas. Dalam draf disebutkan, pemerintah Jepang akan menanggung sepenuhnya biaya belajar mahasiswa, mulai dari tiket pulang-pergi, akomodasi dan transportasi selama program, serta konsumsi.

Syarat lain, lanjutnya, peserta harus menulis esai singkat dan memaparkan kegiatan yang akan dilakukan selama di Jepang kepada universitas asal. Selama di Jepang, peserta program Jenesys akan berkunjung ke Kementerian Luar Negeri Jepang, beberapa universitas, dan darmawisata untuk mendapatkan pengalaman budaya dan teknologi terkini di Negeri Matahari Terbit tersebut.

Sebagai catatan, masing-masing universitas akan merekomendasikan tiga mahasiswa dengan bidang penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknik, Ilmu Alam lainnya seperti Agrikultur, Obat-obatan, serta Humaniora dan Ilmu Sosial. Tiap mahasiswa dituntut menguasai setidaknya satu di antara ketiga bidang itu.

Bagi mahasiswa yang berminat, pendaftaran dibuka hingga 5 Maret 2012 dan pengumuman kelulusan pada 31 Maret 2012.

Sumber dari Okezone.com http://kampus.okezone.com/read/2012/02/09/373/572808/siapa-mau-belajar-gratis-ke-jepang dan dari situs resmi Japan Foundation http://www.jpf.go.jp/e/jenesys/culture/exhibit/list_2012.html

Satu Tanggapan to “JENESYS Programme: Invitation Programme for Creators”

Berkomentarlah yang Santun!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s